Manfaat Jeruk Nipis

November 17, 2008 at 12:41 pm Tinggalkan komentar

Alkisah, negara jeruk mengadakan pemilihan presiden, untuk pertama kalinya dalam sejarah. Syarat calon presiden terpilih cukup berat, harus memberi
manfaat sebanyak-banyaknya buat manusia. Maka berkampanyelah jeruk keprok,jeruk manis, jeruk sitrun, jeruk sambal, jeruk purut, jeruk sankis, jeruk mandarin, hingga jeruk siam.
Namun, mengapa yang menang justru jeruk nipis?

Ternyata, setelah melalui perhitungan jasa, tak satu pun jeruk yang punya manfaat melebihi jeruk nipis alias Citrus aurantium. Padahal saingannya sekitar 1.300-an jenis jeruk (baru puluhan yang dibudidayakan, karena bernilai ekonomi tinggi).

Bukti keunggulan jeruk nipis juga bisa dilihat pada ramuan obat maupun kecantikan tradisional di Indonesia. Hampir semuanya mencantumkan nama jeruk nipis sebagai! bahan baku, baik untuk dimanfaatkan air buahnya maupun daunnya.Orang Belanda, terutama yang berdiam di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, atau Rotterdam pun banyak yang mengenal manfaat jeruk nipis. Bahkan di AS, kegunaan jeruk nipis juga mulai diakui.

Di Ohio State Biotechnology Centre, Columbus, misalnya, salah satu laboratoriumnya rajin meneliti jeruk nipis.

Apa urgensi penelitian tersebut buat mereka? Konon, sebagian besar jeruk hanya kaya vitamin (khususnya C). Bagaimana dengan jeruk nipis?

Lebih dari itu.

Kompres dan bau ketiak

Manfaat sampingan jeruk nipis yang telah lama diketahui orang, misalnya sebagai obat batuk.Buah jeruk nipis dibelah, kemudian permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih. Lalu dipanaskan, sebelum akhirnya perasan airnya diminum bersama air jernih. Resep tadi juga berguna sebagai pemaksa keluarnya dahak.

Kalau cara di atas belum mempan, bisa dijajal formula lain. Misalnya dengan mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan buah cengkeh, kalau perlu ditambah gula batu sedikit biar enggak terlalu asam, kemudian campur dengan air panas. Setelah larut, baru diminum.

Tegang pada otot tangan, kaki ataupun bagian-bagian tubuh lainnya juga bisa dikurangi dengan menggosokkan bagian yang pegal pakai perasan jeruk nipis plus sedikit air. Atau rendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil. Gunakan juga jeruk nipis sebagai pengganti kompres untuk menurunkan panas badan anak. Caranya, tambahkan air perasan jeruk nipis dengan selembar daun sirih, lalu tambahkan air hangat. Alat kompres pun siap digunakan.

Ada lagi?

Ya, jika sebelum atau selama perjalanan panjang Anda meminum perasan airbuah jeruk nipis, mabuk perjalanan mestinya bisa dihindari. Juga buat mereka yang sering menderita gangguan saat buang air kecil, minum air perasan buah jeruk nipis ditambah gula batu sedikit,ternyata banyak manfaatnya.

Masyarakat Jawa juga kerap menggunakan air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan mengeringkan peranakan sehabis melahirkan. Formulanya,campur air perasan tersebut dengan kapur sirih, jadikan parem, lalu balur parem tadi ke perut selama 40 hari.

Bagi mereka yang ketiak atau keringatnya bau, juga ada resep manjur.
Campurkan saja perasan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, kemudian
gosokkan ke sumber bau. Dalam sekejap, bau tak sedap berubah wangi.

Begitu banyaknya manfaat jeruk nipis, sampai-sampai para pakar pengobatan tradisional menjulukinya “buah seribu manfaat.”
Pasalnya, selain berkhasiat obat, perasan air jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis akibat ikan atan pun senyawa lainnya.

Perasan tadi juga berjasa mengilatkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya. Bahkan jauh sebelum beredar deterjen pemutih pakaian banyak ibu-ibu yang menambahkan terlebih dahulu air perasan buah jeruk nipis pada noda tersebut,
sebelum dicuci normal.

Para petani buah-buahan pun tak mau kalah. Mereka umumnya merendam buah hasil kebunnya beberapa saat di dalam air yang dicampur dengan air perasan
buah jeruk nipis. Diharapkan buah-buahan itu akan terbebas dari serangan noda yang dapat menurunkan nilai jual.

Terakhir, dilibatkan dalam membuat ragi tape. Selain menggunakan campuran
tepung beras ketan, air tebu, dan sebagainya, penambahan perasan buah jeruk nipis sangat dianjurkan. Ragi plus tadi dijamin mempunyai kinerja lebih baik dalam memfermentasi ketela atau beras ketan menjadi peuyeum.

Tak salah kalau jeruk nipis dinobatkan jadi “presiden” negara jeruk. (Intisari)

oleh: H. Unus Suriawiria, Guru Besar Bioteknologi dan Agroindustri,di Bandung

Entry filed under: Kesehatan. Tags: , , , .

The Love of a Father Surat Tilang Form Merah dan Form Biru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


RSS Lowongan Kerja Terbaru

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Lowongan Luar Negeri

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Scholarship 2009 2010

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Jobs in Perth

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Jobs in Sydney

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Jobs in Dubai

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Jobs in Singapore

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: